Minggu, 11 Agustus 2019

BOTANI TANAMAN KAKAO


            Kakao merupakan satu-satunya diantara 20 jenis marga theobroma , suku sterculiaceae yang diusahakan secara komersial. 
            Adapun sistematika tanaman kakao menurut pusat penelitian kopi dan kakao indonesia (2010) adalah sebagai berikut :

- Kingdom         : Plantae
- Divisio            : Spermatophyta
- Subdivisio       : Angispermae
- Kelas               : Dycotyledoneae
- Ordo                : Dialypetalae
- Famili              : Malvales
- Genus              : Theobroma
- Spesies            : Theobroma cacao L



1. AKAR




    Akar kakao adalah akar tunggang (radix primeria). Pertumbuhan akar bisa samapai 8m kearah samping dan 15m kearah bawah. Perkembangan akar sangat dipengaruhi oleh struktur tanah, air tanah dan aerasi didalam tanah.

2. BATANG



     Batang kakao bersifat dimorfisme , artinya memiliki 2 macam tunas yaitu tunas ortotrop dan tunas plagiotrop .Anatomi kedua tunas tersebut pada dasarnya sama. Xilem primer batang terkumpul pada bagian tepi batang empulur dan berdampingan dengan xilem sekunder yang tumbuh setelahnya.

3. DAUN



           Daun kakao terdiri atas tangkai daun dan helai daun. Panjang daun berkisar 25-34 cm dan lebarnya berkisar 9-12 cm. Daun yang tumbuh diujung tunas biasanya berwarna merah atau biasa disebut daun flus. Setelah dewasa , warna daun akan berubah menjadi hijau dan permukaannya menjadi kasar. Pada umumnya warna daun yang terlindung akan lebih tua daripada daun yang terkena paparan sinar matahari langsung.

4. KULIT BUAH



       Permukaan kulit buah biasanya ada yang halus dan ada yang kasar. buah kakao akan matang pada saat berumur 5-6 bulan, tergantung pada elevasi tempat penanaman. Pada saat buah matang, ukuran buah beragam dan berukuran sekitar 10-30cm , diameter 7-15cm tergantung pada kultivar dan faktor-faktor lingkungan saat proses pertumbuhan kakao.

5. BIJI



         Biji kakao dilindungi oleh daging buah (pulpa) yang berwarna putih. Biji kakao bersifat rekalsitran dan tidak memiliki masa dorman. Biji kakao bisa berkecambah, yakni pada buah yang terlambat dipanen daging buahnya telah mengering

11 komentar: