Minggu, 18 Agustus 2019

SYARAT TUMBUH TANAMAN KAKAO

 


 Kakao ditanam di daerah-daerah yang berada pada suhu 10 derajat LU dan 10 derajat LS tetapi penyebarannya secara umum pada daerah-daerah antara 7 derajat LU samapai dengan 18 derajat LS dan dapat juga pada daerah 20 derajat LU dan 20 derajat LS. Dengan demikian indonesia masih sesuai untuk penanaman kakao, bahkan dapat dikatakan ideal jika tidak lebih tinggi dari 80 dpl.
    Tanaman kakao menghendaki kelembaban udara yang tetap dan relatif tinggi , yaitu diatas 80%. intensitas cahaya optimum adalah 50%. Di tanah yang subur tanaman dapat tumbuh dengan baik sampai sekitar 70-80% . Suhu yang relatif rendah akan menyebabkan biji kakao banayak mengandung lemak tak jenuh.
    Lingkungan hidup tanaman kakao adalah hutan hujan tropis yang dalam pertumbuhannya memerlukan naungan untuk mengurangi pencahayaan penuh. Menurut kesimpulan sejumlah peneliti, maksimalisasi penggunaan cahaya matahari untuk proses fotosintesis ternyata tidak memberikan pengaruh merugikan bagi tumbuhan dan produksinya.
    Kakao dapat tumbuh pada berbagai jenis tanah, asal baik persyaratan fisik maupun kimia yang berperan dalam pertumbuhan dan produksinya. Pada tanah yang mempunyai pH 6-7,5 tanaman kakao dapat tumbuh dengan baik. Tanah tipe regosol dengan tekstur lempeng berliat, walaupun mengandung krikil , masih baik ditanamai kakao.

14 komentar: